Wednesday, July 21, 2010

RESEP PANCAKE ala NOPPE

Berawal dari alasan kelamaan libur kuliah, jd yaa daripada bengong di rumah mendingan ngemil. tp lama-kelamaan abis tuh makanan. Bengong lagi deh gue. Alhasil, timbul lah keinginan untuk mengkreasikan makanan yang gue suka dan gue harus tau apa saja resepnya.
salah satu makanan (desert) favorit gue adala pancake atau mungkin nama bahasa indonesianya panekuk. haha -baca : itu kalau ga salah-
terdiri dari kue utama yang seperti kulit dadar gulung, dan saus yang terdiri dari beberapa rasa, misalnya cokelat, caramel, blueberry, dll. untuk saat ini yg gue bahas adalah saus cokelat.
Waaaaw. gue suka banget deh tuh saus cokelat yang cair dan mengalir di atas kue dan langsung lumer di mulut.

Gue tanya ke mom tentang cara buat kulit dadar gulung, mom tanya buat apa?
gue jawab : "pengen bikin pancake bu, minta resepnya doonk" berhubung ini pembicaraan via telepon, jadi jawaban mom cuma "yaitu cuma telor, terigu, kasih air biar sedikit sedikit supaya cair, kalau mau kasih susu krimer supaya enak"
gue : "udah, gitu doang?"
mom : "ya emang bahannya gitu doank"
gue : "okey, makasih buu. Dadah"
tanpa pikir panjang, gue langsung tutup telepon dan ambil persediaan telor, terigu, dan susu krimer di dapur.
gue rasa, gue lupa tanya takaran'y masing-masing berapa.
oh, yasudah lah mungkin ini saatnya memainkan insting wanita gue sebagai ahlinya urusan dapur. Nice :)
dan berikut adalah takaran yang gue pake saat membuat pancake:
terigu > 3 sendok bebek.
telur > satu butir.
susu krimer > 2 sdm.
cokelat blok > semaunya.
air > secukupnya, sampe keliatan encer deh.
caranya
kocok telur, terigu, susu krimer dalam satu wadah.
kocok sampai adonan merata, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sampai terlihat encer.
adonan selesai.

untuk membuat saus cokelatnya :
potong cokelat blok kecil-kecil, lalu masukan ke wadah alumunium (wadah yang berbeda dengan wadah yang dipakai untuk adonan). panaskan air di wajan hingga mendidih, kemudian masukan wadah alumunium yang berisi cokelat ke wajan yang sudah berisi air panas tersebut. kecilkan api, tunggu sampai cokelat meleleh.
sambil menunggu cokelat meleleh, kita buat kulit dadar gulungnya, caranya
panaskan Pan (yang kita sebut teflon), tumpahkan adonan encer, sedikit demi sedikit, ratakan.
sebaiknya jangan terlalu tebal. tunggu sampai adonan mengering dan hasilnya sempurna.
setelah kering, angkat dari pan dan tiriskan.
Coba liat cokelatnya, udah meleleh kan. jangan lupa di aduk ya temen temen. ntar gosong, malah pait.
adonan yang tadi sudah ditiriskan, siram pake saus cokelat yang masih panas, dan YUMMY :9 :9 :9
Keliatannya sih bakal enak. ga gue sangga gue berhasil bikin pancake dengan resep seadanya, meskipun ada yang ketebelan dan sedikit ketipisan. tapi gue ga berkecil hati. dan langsung saja gue menyantapnya.
"selamat makaaaan :9"
Eng Ing Eng. diluar dugaan rasanya sedikit jauh dengan yang gue harapkan.
mungkin rasa telurnya masih sedikit lebih menonjol, dan kok gurih yaa?
buat gue sih enak enak aja, tp waktu adik gue (aboss) yang dengan tiis (cool) nya minta, terus kunyah dan langsung telen.
gak sempet gue cegah waktu dia ambil makanan dipiring gue.
terus komentarnya waktu nelen makanan gue
aboss : "ih, gaenak !!"

sial :((


silahkan dicoba.

No comments:

Post a Comment